eeda journey

catatan reportase seorang jurnalis:
pendidikan,hukum,sosial politik, budaya

6:46 PM

Undip Buka Formasi CPNS

Posted by Eeda |

SEMARANG-Dalam rangka meningkatkan kualitas dalam pemberian layanan pendidikan bagi masyarakat luas, Undip membutuhkan banyak tenaga pengajar yang memiliki kemampuan dan kualitas keilmuan yang baik. Penambahan sejumlah tenaga pengajar dimaksudkan untuk dapat lebih memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa yang belajar di Undip. Hal itu diungkapkan Kahumas Undip Agus Naryoso. Karena itulah Undip kembali lowongan CPNS untuk mengisi formasi dosen dan beberapa tenaga administrasi.


Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 44085/A4.1/KP/2008 3 September 2008 tentang penetapan formasi CPNS 2008 dan hasil rapat teknis kepegawaian 5-7 September 2008.
Diungkapkannya, formasi tersebut diperuntukan bagi seganap lululsan yang mempunyai kualifikasi akademik yang baik sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan kapasitas dan pekerjaan yang nanti akan diterima. Adapun kebutuhan tenaga pengajar yang akan direkrut Undip adalah para pemilik ijazah S2 untuk formasi tenaga pengajar di Program Studi Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Manajemen, IESP, Budidaya Perairan, Ilmu Hukum, Ilmu Keperawatan, Ilmu Perpustakaan, Psikologi, Teknik Geodesi, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Kesehatan Masyarakat , Informatia, Fisika, Ilmu Komputer, Sastra Indonesia, Linguistik, Kedokteran Umum, Program Spesialis serta lulusan S3 Teknik Sipil.
Ditambahkannya, formasi CPNS Undip untuk profesi dosen diharapkan diisi oleh mereka yang memiliki latar belakang pendidikan yang sejalur. ''Maksudnya, mereka yang berpendidikan S2, latar belakang S1 harus sama/sebidang dengan ijazah S2 yang dimiliki. Demikian juga untuk yang akan mendaftar dengan kualifikasi ijazah S3.''
Kebijakan tersebut dipergunakan, sambungnya, untuk mendapatkan tenaga pengajar yang memiliki konsistensi yang tinggi akan keilmuan yang sedang ditekuni. Sehingga dapat memberikan materi pengajaran kepada mahasiswa jauh lebih komprehensif. Selain itu, para pelamar untuk posisi tenaga pengajar bagi lulusan S2 dan S3 harus memiliki IPK minimal 3,25.
''Pendaftar yang diterima dengan latar belakang pendidikan S2 akan langsung mendaptkan pangkat/golongan III B, Sedangkan lulusan S3 mendapatkan pangkat/golongan III C.''
Undip, imbuhnya, juga menerima beberapa lulusan DIII Komputer dan Akuntansi untuk mengisi formasi tenaga administrasi. Para peminat dapat mendaftar mulai 15-26 September 2008 pada jam kerja di Gedung Rektorat Kampus Undip Tembalang Bagian Kepegawaian.
''Yang perlu kami tegaskan dalam proses penerimaan CPNS ini, tidak ada pungutan apapun dan pendaftar bisa berkompetisi secara sehat dengan tahapan rekruitmen yang jelas. Sehingga semua pendaftar akan mempunyai peluang yang sama. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di situs Undip www.undip.ac.id.''
Agus menambahkan, penambahan tenaga pengajar dimaksudkan untuk mencegah jumlah rasio yang tidak imbang antara dosen dan mahasiswa. Padahal dari waktu ke waktu, jumlah mahasiswa Undip terus meningkat. ''Jika fakta tersebut tidak disikapi maka akan menimbulkan pengaruh yang tidak baik dalam proses belajar mengajar. Satu orang dosen yang mengampu di kelas dengan jumlah mahasiswa terlalu banyak akan menyulitkan dalam proses transfer ilmu.''
Karena itulah dengan kecukupan rasio antara dosen dan mahasiswa, kata Agus, diharapkan dapat membangun iklim belajar yang jauh lebih kondusif dengan hasil yang lebih baik. (H11-)

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
Subscribe