eeda journey

catatan reportase seorang jurnalis:
pendidikan,hukum,sosial politik, budaya

1:34 AM

Pengelolaan Air Minum Plasma

Posted by Eeda |

SEMARANG-Belum lama ini, Undip meluncurkan teknologi pengelolaan air minum dengan teknologi plasma. Kahumas Undip Agus Naryoso menjelaskan, teknologi tersebut dihasilkan untuk merespon kebutuhan masyarakat luas mengenai air minum yang bersih sehat serta ekonomis. ''Teknologi itu murni merupakan hasil inovasi Undip melalui proses riset mendalam sehingga benar-benar menghasilkan keluaran yang berkualitas.''

Dijelaskannya, alat itu menawarkan banyak keunggulan dibanding dengan teknologi pengolahan air konvensional. Dengan lima tahap filtrasi menggunakan membran semipermeable dengan ukuran pori < 0,0001┬Ám, semua jenis logam berat, senyawa racun, virus, dan bakteri akan tersaring.
Setelah melalui proses filtrasi, sambungnya, kemudian dilanjutkan dengan proses ozonisasi dengan menggunakan teknologi plasma. ''Jadi, air yang dihasilkan benar-benar terjamin higienitasnya dan aman untuk diminum.'' Diungkapkannya, ada dua model yang dibuat yaitu untuk kebutuhan rumah tangga dan skala depot isi ulang, tergantung dari kapasitas produksi yang diinginkan.
Alat itu memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, karena untuk mendapatkan air minum 1 galon dengan kualitas yang sama dengan produk air minum dalam kemasan (AMDK) yang beredar dipasaran kita hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 600. Bandingkan dengan kita melakukan isi ulang di depot isi ulang, kita harus mengeluarkan uang paling tidak minimal Rp 3 ribu. ''Apalagi kalau kita refill dengan menggunakan produk AMDK yang harganya jauh lebih mahal. Dengan alat ini masyarakat sangat terbatukan untuk mendapatkan air bersih yang murah.''
Teknologi itu, sambung dia, dirancang dengan komponen tersedia di pasar lokal dan sangat mudah perawatannya. Bagi masyarakat yang akan berbisnis dengan memanfaatkan teknologi ini mempunyai prospek yang sangat menjanjikan. Di mana dengan teknologi yang relatif murah mampu menghasilkan keuntungan yang tinggi. Ukuran depot isi ulang kapasitas 1000 liter per hari. Sedangkan kebutuhan rata-rata per hari ukuran rumah tangga keluarga Indonesia sekitar dengan kapasitas 10 galon per hari. (H11,H3-)

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
Subscribe