eeda journey

catatan reportase seorang jurnalis:
pendidikan,hukum,sosial politik, budaya

5:53 PM

Ajak Mahasiswa Amerika Pelajari Islam

Posted by Eeda |

SEMARANG- Dengan terus terang, Prof Mark Cammack PhD dari School of Law Southwestern University, Los Angeles, AS mengungkapkan kritikannya atas Presiden AS George W Bush terkait pandangan dan kebijakannya tentang Islam. Ketika menjadi pembicara pada diskusi terbatas ''Indonesian Inheritance Law'' di Ruang Sidang Senat FH Undip (31/7), ia mengatakan apa yang dilakukan Bush sebenarnya tidak menguntungkan Amerika di mata dunia. Secara implisit tanpa menyebut nama, ia mengungkapkan dukungannya pada salah satu kandidat capres yang pernah bermukim di Indonesia pada masa kecilnya. Ia berharap yang bersangkutan dapat memperbaiki kerusakan yang telah dilakukan pendahulunya terkait kebijakan/pandangan tentang Islam.

Di perguruan tinggi tempat ia mengajar, walau bukan seorang Muslim, Cammack mengaku memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang Islam agar mereka memiliki pandangan/pengertian yang benar tentang Islam.
Di hadapan para peserta dan pembicara lain yang sebagian besar adalah staf pengajar FH Undip, Cammack menjelaskan, awal ketertarikannya mempelajari hukum waris Islam setelah membaca buku-buku Daniel S Lev seorang Indonesianis tentang pengadilan agama di Indonesia. Mau tak mau hal itu menyeretnya juga untuk mempelajari hukum waris Islam. Iapun juga tertarik dengan hukum waris adat di Indonesia. Para peserta tidak bisa menyembunyikan kekagumannya akan detilnya pengetahuan Cammack menganai hukum waris Islam dan hukum waris adat Indonesia.
Namun demikian ia tidak mau menjawab apakah hukum waris Islam sudah memenuhi unsur keadilan atau belum. ''Yang bisa menjawab ya masyarakat. Di AS, masyarakat yang sangat individualistis punya pandangan sendiri tentang keadilan.''
Dikatakannya, hukum waris di AS hampir sama dengan KUH Perdata di Indonesia. Namun demikian, masalah warisan di kalangan masyarakat AS sangat bebas, tergantung dari warisan yang dituliskan. ''Memang sebaiknya semua orang menulis wasiat.'' Ia mencontohkan salah satu sikap kebebasan individual di masyarakat Amerika di mana ada wanita kaya yang mewariskan hartanya pada anjing peliharaannya.
Adapun pembicara lain yang tampil pada diskusi itu adalah Bambang Eko Turisno SH MHum yang membawakan topik pewarisan menurut Kitab UU Hukum Perdata, Agung Basuki Prasetyo SH MS (Memahami Hukum Waris Adat Indonesia), dan Ro'fah Setyowati SH MHum (Hukum Waris Islam). (H11-)

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
Subscribe