eeda journey

catatan reportase seorang jurnalis:
pendidikan,hukum,sosial politik, budaya

3:59 PM

Rendah, Minat Pelajari Ilmu Budaya

Posted by Eeda |

SEMARANG Tidak seperti jurusan ITC atau kedokteran pada perguruan tinggi, peminat untuk jurusan ilmu budaya relatif lebih rendah.Padahal, mempelajari ilmu budaya, penting untuk pembentukan karakter bangsa. Hal itu diungkapkan salah satu deklarator Masyarakat peduli Ilmu budaya (Mapida) Prof Dr Rustono yang dikukuhkan Sabtu (5/7) bersama Drs Yudiono KS SU, Drs Wulujadi MM, Drs Agus Dono Karmadi, Dra RA Atrinawati, Hindun SSos MM, dan Clara Yulli Diana Ekaristi SE di salah satu rumah makan di Jl Letjen MT Haryono.
Pada acara yang dihadiri Dekan FS Undip Nurdien H Kistanto MA dan civitas akademia FS Undip itu, Rustanto menjelaskan bahwa Mapida merupakan mitra kerja FS Undip yang berkedudukan di luar kampus. Dijelaskannya, Mapida merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang akan disahkan di kantor kesbanglimas.Para anggota tidak terbatas akademisi perguruan tinggi, namun juga alumni dan perorangan. ''Kami juga mengundang partisipasi orangtua mahasiswa yang anaknya mengambil jurusan ilmu budaya. Kontribusi tidak melulu harus berupa materi, namun juga pemikiran.''
Menurut Rustono, perhatian akan ilmu budaya dirasa masih kurang.Ia menganggap urgent pembentukan organisasi ini mengingat banyak generasi muda yang tidak lagi mengenali akar budayanya. Karena itulah Mapida bertekad meningkatkan minat, menyuburkan apresiasi budaya dan mengembangkan ilmu budaya di masyarakat Jateng. Sosialisasi,ujarnya, akan terus dilakukan melalui lembaga-lembaga pemerintahan, swasta, tokoh masyarakat, dengan menggelar berbagai event seperti seminar, pelatihan, diskusi, dan sebagainya.
Diakuinya, saat ini trend pendidikan semata-mata untuk memenuhi dunia kerja. ''Namun demikian, anak didik tentunya harus berkualitas dan memiliki karakter serta mengetahui akar budayanya. Kalau sekedar memenuhi pasar kerja, konsekuensi logisnya, mereka nantinya hanya menjadi robot industri. Jadi harus think globally, act locally.'' Karenanya, sambung Rustono, dukungan untuk menyukseskan Mapida sangat dibutuhkan demi kepentingan ilmu dan pengkajian budaya yang merupakan pilar strategis pembangunan bangsa dan negara. Bagi yang ingin berpartisipasi, dapat menghubungi Prof Dr Rustono di 08122939430. (Ida N-)

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
Subscribe