eeda journey

catatan reportase seorang jurnalis:
pendidikan,hukum,sosial politik, budaya

SEMARANG - Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No 011/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIK) Semarang saat ini telah berakreditasi B. Ketua Yayasan Panca Bhakti Prof Drs Supardi MM dalam acara jumpa pers belum lama ini di salah satu rumah makan di Jl Pandanaran berharap lulusan STIK dapat lebih berkompetisi dengan lulusan dari PTN/S lain untuk merebut tempat diinstansi pemerintah maupun swasta. Dalam waktu dekat, ungkapnya, pihaknya akan menyatukan kampus tersebut di Jl Wolter Mongisidi. Adapun saat ini, perguruan tinggi yang telah meluluskan 1.301 alumni itu menempati 2 lokasi kampus yakni Jl Gajahmada 119 A dan Jl Pawiyatan Luhur.

Dikatakannya, pemberian akreditasi B itu menuntut peningkatan sarana dan prasarana, begitu pula SDM para dosen. ''Sebagian dosen STIK sudah S2 dan S3. Dan paling lambat pada 2010, kami akan membuka program S2.'' Adapun program studi di STIK saat ini adalah ilmu komunikasi. Pihaknya juga akan melakukan kerjasama dengan berbagai media cetak dan elektronik sehingga ke depan, mahasiswa bisa melakukan praktik di luar kampus. Saat ini sebagian besar lulusan STIK diterima bekerja di instansi pemerintah dan swasta seperti Pemprov Jateng, kantor media massa cetak dan elektornik baik lokal maupun nasional.
Adapun Ketua STIK Semarang Drs Achmad Noor PH SU mengungkapkan bahwa prestasi institusi itu meraih akreditasi B merupakan tanggung jawab yang besar. ''Ini merupakan cambuk untuk bisa bekerja lebih baik.'' Para alumnus yang hadir para acara tersebut mendorong agar STIK lebih go public dengan menggelar berbagai kegiatan seperti workshop dan seminar. Menurut mereka, peluang para lulusan STIK untuk bekerja di kantor media massa cetak dan elektronik sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini jumlah media baik elektronik maupun cetak cenderung bertambah.
Adapun Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STIK Suryanto menjelaskan, pihaknya membuka kesempatan bagi lulusan SMA sederajat dan D3 untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru gelombang 2. ''Pendaftaran ditutup pada 30 Agustus. Kami menargetkan 150 mahasiswa baru tahun ini dengan membuka beberapa kelas yakni reguler pagi, sore, dan akhir pekan bagi lulusan SMA dan D3.'' Bagi yang berminat dapat mengubungi Kampus STIK di Jl Gajahmada 119 A dan Jl Pawiyatan Luhur II Bendan Duwur dengan nomor telepon (024) 8318533 dan 8413668. Pada 20 Agustus mendatang, kampus tersebut akan menggelar wisuda ke28 dengan lulusan berjumlah 71 orang. Ketua panitia wisuda Drs Pardomuan Siregar menambahkan, pelaksanaan wisuda akan dilaksanakan di Rimba Graha dan penutupan pendaftaran 9 Agustus. (H11-) 20-07-08

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
Subscribe