eeda journey

catatan reportase seorang jurnalis:
pendidikan,hukum,sosial politik, budaya

6:19 PM

karangturi Siap Pertahankan Gelar di FPS ITB

Posted by Eeda |

SEMARANG-Perhatian yang serius terhadap potensi, minat bakat dan perkembangan karakter seseorang adalah sebuah landasan membangun pribadi yang tangguh dan berprestasi. Hal tersebut secara tersirat terkandung dalam misi Yayasan Pendidikan Nasional (YPN)Karangturi. Selain bidang akademik, Sekolah Nasional Karangturi di bawah naungan YPN Karangturi turut pula memberikan perhatian dalam bidang nonakademik khususnya minat dan bakat. Hal itu diungkapkan Humas YPN Karangturi Beantari Budiman (25/8).

Buah dari perhatian yang serius tersebut, sambungnya, adalah berbagai prestasi (akademik maupun nonakademik) yang berhasil diraih oleh Sekolah Nasional Karangturi. ''Salah satunya adalah prestasi dalam bidang seni paduan suara.''
Ditambahkannya, prestasi paduan suara Sekolah Nasional Karangturi tidak hanya tingkat lokal dan nasional tetapi juga internasional. Untuk tingkat nasional, sekolah Karangturi (SMP dan SMA) beberapa kali berhasil meraih medali emas dan perak dalam festival paduan suara (FPS) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) setiap dua tahun sekali.
Disamping itu, kata dia, paduan suara yang dilatih oleh Petrus Wahyu dan diiringi oleh pianis Inu Harimurti itu beberapa waktu lalu berhasil meraih medali perak pada International Choral Festival di Pattaya, Thailand.
''Tidak hanya itu, paduan suara kami juga sudah beberapa kali tampil di hadapan Presiden SBY serta berkolaborasi dengan Kwartet Punakawan pimpinan Jaya Suprana.''
Kepala Sekolah SMA Karangturi Drs Irawan Nirwanto menjelaskan, prestasi yang luar biasa ini tentu saja menuntut berbagai konsekuensi. Di antaranya konsekuensi untuk mempertahankan reputasi serta kebanggaan yang sudah diraih dengan sebuah proses yang panjang dan konsisten. Pada Prakonser “Karangturi Goes to ITB”, Sabtu (23/8), Irawan menambahkan, jam pelajaran yang digunakan untuk proses latihan selama kurang lebih tiga bulan diganti dengan jam pelajaran tambahan setiap Sabtu.
Acara FPS Tingkat Nasional Institut Teknologi Bandung XXI sendiri akan dilaksanakan pada 25-31 Agustus 2008. Perhatian pihak Yayasan Sekolah Karangturi untuk event ini juga tidak setengah-setengah. Dewan Pengurus Harian YPN Karangturi, Harjanto Halim MSc yang ditemui pada acara prakonser itu mengungkapkan, perhatian yang besar itu merupakan wujud kepedulian akan kemajuan, reputasi, dan kebanggaan Sekolah Karangturi.
Adapun prakonser menampilkan paduan suara SD (Gracia Choir), SMP (Karangturi Choir), dann SMA Karangturi (Melodus Choir) dengan paduan suara tamu yakni Satya Dharma Gita dari FH Undip. Masing-masing kelompok paduan suara menyanyikan tiga buah lagu yang juga akan dinyanyikan dalam FPS di ITB. (H11-)

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
Subscribe