eeda journey

catatan reportase seorang jurnalis:
pendidikan,hukum,sosial politik, budaya

6:13 PM

Lulus Kuliah, Harus Bisa Buka Lapangan Kerja

Posted by Eeda |

SEMARANG-Walau belum mengalami perkuliahan, namun Pembantu Rektor (Purek) I Undip Prof Dr dr Ign Riwanto Sp BD sudah mewanti-wanti kepada 8.904 mahasiswa baru Undip tahun ajaran 2008/2009 jika kelak sudah lulus kuliah, harus mampu membuka lapangan kerja sendiri sehingga tidak menjadi beban orang lain. Hal itu diungkapkannya saat upacara penerimaan mahasiswa baru di Stadion Undip Tembalang (26/8).

Apa yang diungkapkan Prof Riwanto sebenarnya tidaklah berlebihan mengingat pendidikan tidak akan gunanya jika tak bisa mengurangi pengangguran. Oleh karena itulah, selama para mahasiswa menempuh pendidikan di Undip, kata dia, mereka akan diberikan pendidikan kewirausahaan.
Adapun Purek II Sukinta SH MHum mengungkapkan, kampus harus menjadi pelopor tumbuh dan berkembangnya masyarakat sipil yang dicirikan dengan demokratisasi, transparasi, dan kesetaraan. ''Karena itu budaya kampus harus mengedepankan demokrasi, dan bukan intruksi, kedamaian dan cinta, bukan kekerasan, serta keberagaman bukan keseragaman.''
Pada acara yang juga dihadiri para dekan dan guru besar civitas akademia Undip itu, Sukinta meminta pada para mahasiswa agar memanfaatkan program penerimaan mahasiswa baru (PPMB) itu, untuk saling mengenal satu sama lain dari berbagai fakultas, prodi, dan jenjang.
Pada tahun ajaran ini, jumlah total mahasiswa Undip adalah 8.904. Mereka terdiri atas 117 orang program doktor, 1.144 program magister, 144 program spesialis I, 90 orang program profesi, 5.826 program S1, dan 1.583 program D3. Adapun jalur penerimaan ada 5 yakni program seleksi siswa berpotensi (PSSB), UM I, SNMPTN, UM II, dan seleksi jalur DIII yang digelar Undip. Jumlah total mahasiswa Undip saat ini adalah 38.503. Mereka diampu oleh 1.645 dosen tetap, 656 dosen tidak tetap, dan didukung 825 tenaga administrasi.
Upacara tersebut merupakan bagian dari orientasi akademik, berkehidupan kampus, dan kemahasiswaan. Pada kesempatan itu, para mahasiswa akan diserahkan ke dekan untuk selanjutnya didik sesuai dengan tujuan prodi. (H11-)

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
Subscribe