eeda journey

catatan reportase seorang jurnalis:
pendidikan,hukum,sosial politik, budaya

7:11 PM

Nyaris Tinggalkan Pakem Jazz

Posted by Eeda |

SEMARANG- Harry Toledo, basis solois selama ini dianggap kuat memegang pakem jazz di setiap performanya. Pada pertunjukan Just Jazz, Jumat (9/5) malam di Hotel Horison, kali ini seperti membuang pakem tersebut. Dalam hit instrumentalia Camelionaire yang berbumbu funk salsa, Toledo yang sempat menelorkan album pertamanya lewat grup musik Cheroke malam itu, seperti terlalu asyik sendiri dalam membetot basnya.

Hit yang masuk dalam sesi pembuka acara bertajuk Just Jazz di Hotel Horison yang berkerja sama dengan Suara Sakti FM dan Djarum Super itu, nyaris kehilangan ruh jazz yang biasanya mengedepankan harmoni dalam setiap improvisasi instrumen musik. Apalagi untuk jazz yang berwarna salsa dalam Camelionaire.

Toledo ’’terlalu liar’’ memainkan basnya. Bahkan cenderung nge-rock nanggung. Toledo banyak kehilangan pakem jazz nya. Sangat kentara sekali pada Camelionaire yang seharusnya rampak dan harmoni. Kibor yang dimainkan Meta dan tabuhan perkusi Iwan Wirads terdengar keteteran menutupi warna nada yang hilang. Pada suguhan performa selanjutnya yang tak diberi judul, masih tidak terlalu nampak disharmoninya.
Tonjolkan Bas
Performa jazz yang menghilangkan instrumen melodi atau gitar demi menonjolkan bas perlu improvisasi yang ekstra. Hal itu sebaiknya dilakukan agar terhindar dari disharmoni instrumen yang telah menjadi pakem jazz . Beban itu sepertinya tidak mudah untuk dipikul oleh Toledo sendiri. Apalagi dia bertugas menutupi hilangnya unsur melodi atau gitar.
Beruntung, di performa lain yang disuguhkan malam itu, Toledo diiringi penyanyi Desy dan Aldy mampu menutup kekurangan penampilan awal. (H11-56)

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
Subscribe