eeda journey

catatan reportase seorang jurnalis:
pendidikan,hukum,sosial politik, budaya

SEMARANG-Mendapatkan mahasiswa banyak hampir bisa dipastikan adalah impian semua perguruan tinggi. Namun Unnes tidak ingin sekedar mengumpulkan mahasiswa tanpa diimbangi dengan pelayanan yang baik. Hal itu diungkapkan Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi saat membuka orientasi studi mahasiswa baru program pascasarjana di Kampus Unnes Program Pascasarjana (PPs) Bendan Ngisor (15/8). Ia menjelaskan, sebelum 2007, Unnes menerima 8.000an mahasiswa baru. Namun pada 2007 setelah ada kebijakan penyesuaian kapasitas, prasara/sarana, rasio dosen dan mahasiswa, jumlah mahasiswa baru yang diterima di Unnes hanya 5.000an. ''Kelas pararel dan nonreguler ditutup.'' Hal itu semata-mata bertujuan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal pada mahasiswa.


Untuk program pascasarjana sendiri, sambung dia, pihaknya bertekat meningkatan mutu pelayanan, salah satunya adalah dengan sistem informasi akademik terpadu (sikadu). ''Perbaikan mutu mutlak dilakukan untuk bisa berkompetisi di era liberalisasi.''
Hal senada diungkapkan Direktur Program Pascasarjana (PPs) Unnes Prof Dr Maman Rachman MSc. Menurut dia, pengakuan kredibilitas suatu institusi adalah dari masyarakat. Dan memang seharusnya, sambungnya, semua program studi memiliki sesuatu yang diunggulkan.
Ditambahkannya, ini adalah kali pertama orientasi mahasiswa baru digelar untuk program pascasarjana. Diharapkan dengan orientasi itu, terjalin pemahaman dan jalan pikiran yang sama antara mahasiswa dan PPs Unnes. ''Proses pendidikan itu terkait input dan output. Dengan begitu, mahasiswa tahu apa hak dan kewajibannya. Dan Outputnya diharapkan sesuai harapan PPs.'' Ia menilai penting pelaksanaan orientasi tersebut mengingat sebelum-sebelumnya, banyak mahasiswa yang bingung harus melakukan apa setelah kuliah teori selesai.
Adapun untuk program magister, jumlah mahasiswa yang diterima adalah 483 orang. Mereka berasal dari 11 program studi yakni Pendidikan Olahraga, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggirs, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Seni, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, KTP, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, dan Bimbingan Konseling.
Dan untuk program doktor (S3), PPs Unnes menerima 42 mahasiswa untuk prodi Manajemen Pendidikan, Pendidikan Bahasa, dan Pendidikan Olahraga. Maman mengimbuhkan, jumlah mahasiswa yang berasal dari Unnes dan nonUnnes cukup seimbang. Dibanding tahun lalu, tambahnya, jumlah pendaftar tahun ini meningkat. (H11-)

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
Subscribe